Friday, August 22, 2008

Seniman kah saya? teuing nya.. asa biasa ajah..

Seniman..
This is the label that i find very-very catchy and interesting :D But there's a slight concern for me (personally).. Don't know why i just don't like people who called themselves 'seniman'.. Secara pribadi menurut gue seniman itu bukan profesi, seniman itu orang yang bisa memposisikan dirinya dalam korelasinya dengan suatu karya (bingung kan?.. sama.. heheheheh)

Menurut gw (pribadi) seniman itu label yang hanya bisa diberikan oleh orang laen, bukan oleh diri sendiri.. Istilahnya kaya gelar profesor lah.. Suka agak getek/geli/bikin badan berklojot-klojot sama orang yang menyebut "saya seniman".. Entah kenapa :) mungkin emang otak gw aja yang rada kedodoran gara-gara sering makan oncom.. (emang ngaruh ya... :P)

Situasi yang mungkin terjadi mengenai kasus ini :
Di sebuah cafe di desa Sorodotgaplok... gw lagi hangout bareng Rabback Obama (Kang Obam misalnya ajah.. terserah gw kan hehehe) terus gak sengaja ketemu temennya si Obam..

Kang Obam : Halo Prad, ini temen gw..
gw : Halo gw Icat temennya Obama
PradBitt : Halo Cat, gw Prad.. kuliah dimana?
gw : Akh.. gw dah gawe kali..
PradBitt : Oh gawe dimana?
gw : Gw arsitek... kalo loe?
PradBitt : Gw seniman..
gw:*langsung-jegang-bergetar2-dan-berklojot-klojot-sambil-berdisco-diiringi-lagu-saturday night-fever-nya-beegees....
gw: Maap tadi gak kedengeran.. gawe dimana?
PradBitt : Gw... Seniman..
gw:*langsung-jegang-bergetar2-dan-berklojot-klojot-sambil-berdisco-diiringi-lagu-saturday night-fever-nya-beegees untuk kedua kalinya....
gw: Okey deh.. :P (daripada cape)

Biarlah status seniman itu muncul dari orang laen. Kalo pelukis, bilanglah pelukis, kalo fotografer bilanglah fotografer, (ya gak cuz hehehe).. kalo aktris bilanglah aktris, penari ya penari.. Kalo ada yang bilang gw seniman yah saya sukuri sajah, but i prefer call myself as a creator alias tukang bikin-bikin.. (hah? siapa yang tadi bilang bikini?) bikin ulah, bikin malu, pokonya bikin2 deh... :D

Ini cuma sharing ajah, tiap orang punya pendapat :) tidak bermaksud menghina siapapun... pokonya saya tidak akan pernah menyebut :
'gue seniman'... ooops... oh no here we go again.. *sigh... T_T

*jegang-bergetar2-dan-berklojot-klojot-sambil-berdisco-diiringi-lagu-saturday night-fever-nya-beegees

8 comments:

Victoria Tunggono said...

hmm oke deh pak.. setuju juga..
secara seniman bukan profesi yg jelas sbg jawaban spt pd wawancara di atas ya pak?
seniman lebih merujuk pada golongan/kelompok/komunitas/apapun istilahnya yg ditentukan oleh orang lain.. secara 'seniman' adalah istilah yg terlalu luas utk dideskripsikan.. apa sih yg gw omongkan dari tadi.. intinya sama aja sama isi blog lo seh.. hahahaha..
yadah pak, saya jg tak menyebut anda seniman.. secara arsitek gitu, bukan seniman.. arsitek yg memadukan fungsi bangunan dan estetika.. tukang bikin2 yg berdasar pada konsep..
secara seniman lebih abstrak dan 'semau gue' hehe ngomong apa ya gw..

Anonymous said...

ah saya mah seniman kok cath...kan tiap hari memproduksi air seni...beda2 dikit lah sama karya seni. ihihihihihi...jiji yaaaaaa.....

eh itu omong2 ga ada conto laen ya selain pelukis sama fotografer? knapa gak pake desainer, perupa, pematung, pemurung, pendiam, dan sebagainya...

graciouscale said...

gimana ya bro.. hmmm... sulit.. heheh.. yah tapi setuju sih yang kalo sebutan seniman itu datengnya dari luar bukan dari pribadi.. tapi kalo buat eke dan kaula btina disana, kami menyebut diri kami sebagai seniwoman(diatas 19) seniwomen(dikelompok) dan senigirl(19 kebawah)..

saya menyebut anda sebagai "senigentleman" deuhhh gaya.. itu artinya... kalo lagi BUANG AIR SENI, sedikit bergoyang gentle, langsung jegang bershakey2 dan berklojot-klojot serta berdisco diiringi lagu staying alive-nya-beegees pake gaya jarinya john travolta, sambil tangan yang sebelah masih menyelesaikan tugasnya...

apa sih?? ga jelas.. hahaha.. tapi setuju bro, ngomong2 itu si pradbitt, kalo ketemu lagi bolangin ada salam dari si aniffer jeniston, katanya "dah mas, bau ketek!"

Anonymous said...

ih, bukan tau... pesen buat pradbitt teh adanya dari jangelina ollie (merk baru, khusus mesin diesel biar bisa lebih cepet panas). pesennya "klojot me once more!"
kalo ga ngerti, klojot teh maksudnya kalo lagi nyetater mesin diesel, pan bunyinya suka rada berat gitu deee....

belkubel said...

yah mungkin tergantung senimannya juga sih kalo pitonjokeun gw jg males ngakuin dia seniman. tapi kalo emang berkualitas no probs (sekali2 ajah..kalo udah diakuin orang lain). soalnya sama kayak istilah profesor; yang jadiin seseorang seniman ato bukan sebenernya pengakuan dari orang lain.

males sih denger orang yang suka ngaku2 jago padahal nggak. kayak artis sinetron aja yang suka ngaku2 pekerja seni. plisss dwehhhh...kalo sinetron indo ituh beneran seni apa jadinyah?! art never been so degraded before!

BTW...'dewa pat-pat':D koq gak ada joget gaya pat-patnya sih?!? harusnya gambar Sinchan! XD

Shine_Meili said...

Wahai, Icad. Kali ini aye kaga setuju ama ente. Knapa seniman bukan profesi? Buat aye, orang2 yang pekerjaannya berhubungan dengan kesenian, atau yang lebih spesifik lagi : menghasilkan sebuah karya seni yang emang berkelas dan berkualitas dan berguna bagi nusa dan bangsa, kenapa gak layak disebut seniman. Yah, istilah lain yang juga tuh "pekerja seni".
In my opinion eh... menurut aye... kalo dia emang jelas passionnya di situ, punya dedikasi dan komitmen terhadap seni, bersedia mempersembahkan hidupnya demi seni, maka dia adalah seniman.
Masalahnya si Prad Bitt itu kontribusinya apa terhadap dunia seni. Kalo cuman sekedar sering berhubungan dengan dunia seni, maka sebut aja dia penikmat seni. Kalo cuman biasa ngomentarin karya2 seni, yah panggilnya kritikus seni atuh...
Aye rasa seniman itu profesi yang sama mulianya dan sama jelasnya dengan profesi yang lain. Cuman emang definisi seni itu sendiri yang gak jelas. Karena banyak orang yang kesaru antara seni dan hiburan. Sesuatu yang menghibur belum tentu adalah seni. Sedangkan seni itu sendiri juga belum tentu menghibur. Duh, bingung deh.. Jadi, seni itu apa? Ada yang bisa bantu??

Radtz said...

Buat mbak Shine Meili alias pipi :D
heheheh... eike bukannya tidak setuju sama istilah seniman.. tapi kalo aye pikir, seniman itu 'gelar' bukan profesi.. gelar yang harus didapat dari penilaian orang :D.. bukan diri sendiri.. gitu doang kok.. hahaha..

kalo buat contoh
Vincent van Gogh.. apakah profesinya? pelukis.. apakah dia seniman? ya.. Mozart.. apakah profesinya? musisi.. apakah dia seniman? ya.. Dewi persik.. apakah profesinya? umm apa ya?.. pendongkrak libido kalangan tertentu kah? kayanya bener sih.. tau akh.. apakah dia seniman? kata dia sendiri sih iya (pekerja seni) kata gue mah kagak...

Begitu sih tanggapan saya mah :) Jadi tetep prinsip saya (pribadi sih...) seniman itu gelar -sperti: profesor- bukan profesi.. diri sendiri silakan menilai, tapi nilai benernya sih dari orang.. :) So, kalo ada yang menyebut saya seniman.. kamxiah.. :D tapi kalo saya sendiri mah.. aye mah tukang bikin2 ajah deh tetep :D

Ps: uh edan pisan di blog gw ada diskusi yang rada serius gini euy..

siesie said...

duh jd lieur...meni serius pisan yak.. kaga ngerti aye..(lah ini nyunda apa mbetawi?)hauhauhaua

Menurut bung wikipedia-->Ahli sejarah seni dan kritikus seni mendefinisikan seniman sebagai seseorang yang menghasilkan seni dalam batas-batas yang diakui.

well,tetep blur...batasannya spt ap?diakui oleh siapa?hhahaha